Cara Partisi SD Card Di Android Untuk Link2SD

Tips, trik dan berita seputar Android

Cara Partisi SD Card Di Android Untuk Link2SD

Ditulis oleh: -

Cara Partisi SD Card Di Android Untuk Link2SD - Sebagian besar pengguna Android tentu sudah mengenal aplikasi yang sangat powerful bernama Link2SD. Ya, aplikasi ini banyak sekali direkomendasikan oleh para master Android untuk mereka yang menggunakan perangkat dengan kapasitas penyimpanan atau memory internal yang kecil. Hal ini karena aplikasi tersebut mampu dengan efektif memindahkan data aplikasi ke SD card. Namun untuk dapat melakukannya, terlebih dahulu harus dilakukan partisi pada SD card yang anda gunakan agar aplikasi dapat bekerja secara optimal.

Apa itu partisi SD card? Menurut Wikipedia (dan akan saya rubah sedikit dalam bahasa saya sendiri), partisi adalah pembagian dalam sistem berkas dan pengelolaan sarana penyimpanan. Sehingga dalam satu ruang penyimpanan (dalam hal ini SD card) akan memiliki sarana yang terpisah (seolah - olah terpisah secara nyata). Secara default, sebuah SD card hanya memiliki satu partisi. Misalkan memory yang kita gunakan adalah 2 GB (1.8 GB). Lalu kita ingin melakukan partisi. Nah itu artinya kita akan melakukan pemisahan terhadap ruang yang besarnya 1.8 GB tersebut. Misal, pada partisi pertama kita memberi ruang sebesar 1.5 GB, maka partisi kedua adalah 1.8 GB dikurangi 1.5 GB sama dengan 300 MB. Nah seperti itulah kira - kira gambaran dari partisi.

Lalu apa tujuan partisi SD card pada Link2SD? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, tujuannya tentu saja untuk memisahkan ruang penyimpanan. Dalam kasus ini, partisi kedua yang kita buat akan bertindak seolah - olah ruang itu adalah memory internal kedua (tambahan), dan Link2SD menggunakannya untuk memindahkan data aplikasi yang seharusnya disimpan di memory internal tersebut. Sudah dapat gambarannya? Nah sekarang kita akan mulai melakukan proses partisi SD card. Pada tutorial ini, saya akan menggunakan minitool partition wizard untuk membantu proses partisi.

Oke, kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya :

1. Perangkat PC / Laptop
2. Card Reader (untuk perangkat pada umumnya) atau Kabel USB (Khusus Android Sony dan Sony Ericsson XPERIA)
3. Sedot aplikasi Minitool Partition Wizard, dan install di PC / laptop anda
4. Perangkat Android yang sudah di root dan sudah terinstal CWM (direkomendasikan)

Persiapan :


Perhatikan! Untuk Android XPERIA silahkan lakukan langkah dibawah ini. Selain XPERIA, silahkan lanjut ke langkah selanjutnya

Untuk Android Xperia :


Pada perangkat PC atau laptop anda, pastikan sudah diinstall aplikasi Sony PC Companion. Jika belum, silahkan sedot aplikasinya untuk Windows atau Mac dan install.
Pada SD card, pastikan tersedia ruang kosong setidaknya 500 MB - 1GB (tergantung besar memory yang digunakan).
Pada perangkat (smartphone), pastikan USB Debugging dan Unknown Source (Sumber tidak dikenal) sudah dicentang, dan pilihlah koneksi USB sebagai Mass Storage Mode (MSC).
Jika sudah, sambungkan smartphone ke PC via USB , copy semua file yang terdapat di SD card ke PC untuk backup (jaga - jaga siapa tau terjadi kerusakan pada SD card, agar data tidak hilang)

Untuk perangkat selain XPERIA :


Untuk perangkat smartphone selain XPERIA harap abaikan langkah diatas dan langsung saja ikuti langkah di bawah. Cabut SD card dari perangkat, masukkan ke card reader dan sambungkan card reader dengan PC. Pastikan terdapat ruang kosong setidaknya 500 MB - 1 GB (tergantung besaran memory yang digunakan).

Langkah - langkah :


1. Jangan lupa untuk membackup data yang terdapat pada SD card ke PC. Tinggal copy saja semua file yang ada di SD card ke PC anda untuk jaga - jaga agar data tidak hilang nantinya jikalau terjadi kesalahan pada saat proses. Jalankan aplikasi Minitool Partition Wizard pada PC anda, pilih disk 2 (F:) -> klik kanan -> pilih move/resize seperti yang terlihat pada dua gambar dibawah.
Mengatur partisi sd card

Partisi sd card android

2. Langkah ini adalah pembuatan ruang untuk partisi pertama. Pada partisi ini adalah tempat untuk menyimpan segala file multimedia seperti musik, video, foto dll sehingga akan membutuhkan ruang yang paling besar. Untuk SD card berkapasitas kecil seperti pada contoh (2 GB), disarankan untuk membuat partisi pertama sebesar 1.5 GB atau sesuai kebutuhan anda. Untuk memory yang lebih besar, silahkan atur sendiri sesuai kebutuhan. Intinya, partisi pertama ini harus memiliki ruang yang paling besar, sekitar 75 hingga 90% dari total memory (sesuai besaran memory dan kebutuhan). Karena pada partisi kedua nanti, kita hanya butuh sekitar 300 MB hingga 1 GB saja (atau bisa lebih besar, sekali lagi sesuai kebutuhan / keinginan).

Untuk mengatur besaran memory pada partisi pertama ini, silahkan geser tepian kanan kotak yang ditunjuk oleh panah berwarna merah di bawah ini. Lalu klik OK.
Mengatur besaran partisi pertama sd card

3. Akan muncul satu buah partisi baru yang merupakan sisa dari partisi memory pertama tersebut. Partisi  baru itu akan kita gunakan untuk partisi kedua. Perhatikan gambar dibawah. Klik kanan pada partisi baru itu -> create. Jika muncul popup, klik yes.
membuat partisi kedua pada sd card

4. Perhatikan beberapa hal ini!
Pada menu Create As : pilih Primary
File System : FAT32 (untuk XPERIA) atau Ext 2/3/4 (Selain XPERIA)

Untuk memory berkapasitas kecil seperti pada contoh (2 GB) silahkan langsung saja klik OK dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Untuk yang menggunakan memory berkapasitas 4 GB dan diatasnya, anda boleh menyisakan memory lagi untuk partisi ketiga yang akan berguna untuk membantu kinerja RAM. Namun untuk dapat membantu RAM, anda nantinya harus memasang aplikasi tambahan (selain Link2SD) yakni RAM Expander. Dan saya tidak menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini karena dapat memperpendek umur SD card (menyebabkannya lebih cepat rusak).

Jadi pembuatan partisi ketiga adalah optional, boleh melakukannya boleh tidak. Jika ingin melewati partisi ketiga, silahkan langsung saja klik OK dan loncat ke langkah selanjutnya. Namun jika anda ingin membuat partisi ketiga, silahkan atur kembali ruang pada partisi kedua ini sebelum memilih OK. Untuk besarannya, saya sarankan hanya menggunakan sebagian kecil dari total memory (yang paling kecil dari semua partisi). Sekitar 80 MB hingga 500 MB saja sudah lebih dari cukup (tergantung besaran memory yang digunakan) atau cukup 2-4 % saja dari total memory. Lalu silahkan klik OK.

Untuk kapasitas memory 2 GB dan yang ingin melewati partisi ketiga, silahkan langsung loncat ke langkah 6


5. Untuk partisi ketiga, gunakan sisa memory dari partisi pertama dan kedua. Klik kanan -> Create
Create As : Primary
File System : Linux Swap lalu klik OK.

6. Setelah tidak ada sisa lagi, silahkan klik Apply pada pojok kiri atas dari aplikasi Minitool. Sebelumnya, pastikan anda tidak sedang menggunakan power saver pada Notebook anda, dan matikan semua aplikasi yang berjalan pada PC atau notebook anda sebelum mengeksekusinya (kecuali minitool). Saya sarankan untuk mematikan / menonaktifkan antivirus yang anda gunakan pada PC. Jika sudah, silahkan eksekusi dengan mengklik Yes pada menu popup.
Cara membuat partisi pada android

7. Tunggu hingga proses selesai, dan matikan minitool.

Untuk XPERIA : Silahkan cabut perangkat anda dari PC
Selain XPERIA : Masukkan kembali SD card ke perangkat smartphone anda.

Untuk semua : Matikan perangkat, masuk ke menu CWM dan ikuti langkah - langkah dibawah
Wipe Cache Partition -> Yes
Mounts and Storage menu -> format /sd-ext -> Yes (pada beberapa perangkat menu ini mungkin saja tidak ada pada CWM, maka abaikan saja). Lalu reboot system

8. Selesai SD card telah di partisi. Silahkan mulai menggunakan aplikasi Link2SD

Semoga bermanfaat :D

Referensi artikel : Wikipedia - Partisi (Sistem berkas) & Dunia Gadget 558 - Cara Mudah partisi SD card dengan minitool
Sumber gambar : Dunia Gadget 558

33 comments:

  1. Replies
    1. Install aplikasi link2sd mas untuk memindah data apps ke sd card partisi keduanya.. Untuk caranya silahkan mampir ke halaman cara menggunakan link2sd :)

      Delete
  2. Replies
    1. Kalo boleh tau koneknya menggunakan HP nya langsung atau card reader? Kalo pake card reader, coba pake card reader yang lain :)

      Delete
  3. mas boleh gg pake cara biasa,,soalny hp saya xperia,, cwm tuh pa yah??
    kalo sd cardny 8gb ruang bbasny berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, tapi alangkah baiknya ikuti step yang khusus Xperia :)
      CWM itu semacam custom recovery, coba cek di artikel Apa itu CWM untuk lebih lengkapnya

      Untuk pertanyaan yg terakhir, disesuaikan aja mas sesuai kebutuhan :)

      Delete
  4. mas kalo hh saya XPERIA tapi belom nginstall cwm bisa apa nggak? takut nanti rusak nih..
    saya males ribet nginstall cwm eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimin sarankan sih install cwm dulu aja. Sebenernya bisa aja tanpa CWM, cuman nanti kemungkinan besar bakal gagal waktu coba pake aplikasi link2sd :)

      Delete
  5. Gan hh ane Xperia kok setelah dipartisi dan di CWM kok yg kebaca malah partisi kedua ya? mohon bantuannya makaasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ulangi lagi proses partisinya mas, mungkin ada yang salah :)

      Delete
  6. sy lenovo a850.
    sy udah ikutin tutotial partisi diatas.
    pas sy gunakan link2sd
    ada notes : kartu sd tidak cocok script, coba gunakan format FAT32

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan partisi ulang dengan format file FAT32 pada partisi kedua. Jangan lupa lakukan dengan hati2 karena kalo salah, microSD bisa gak kebaca :)

      Delete
  7. min nanya, setelah ane partisi,
    pas ane colokin ke pc via hh kok malah dsuruh format ya??
    pas di format kapasitasnya cuma jadi 115 mB alias linux swap nya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba partisi ulang dan ikuti langkah diatas dengan hati2. Biasanya ada satu langkah kecil yang ketinggalan :)

      Delete
    2. ka.. tdi kan,, udh martisi sd car pke minitool. trs kan ada printh ini Untuk semua : Matikan perangkat, masuk ke menu CWM dan ikuti langkah - langkah dibawah
      Wipe Cache Partition -> Yes
      Mounts and Storage menu -> format /sd-ext -> Yes (pada beberapa perangkat menu ini mungkin saja tidak ada pada CWM, maka abaikan saja). Lalu reboot system

      ga pp gtu..

      Delete
  8. gan ane pake lenovo a390 waktu jalanin link2sd minta root,mhon pencerahan

    ReplyDelete
  9. gan partisi buat multimedia logical / prymary?partisi ke 2 jg apa????

    ReplyDelete
  10. gan setelah saya mengkuti langkah2 di atas kok sd ext nya gak mau mounting ya.. so waktu ane coba buka link2sd selalu minta "select the system of your sd cards second partition.
    mohon pencerahanya... n i say thanks

    ReplyDelete
  11. Kok gak bisa digeser ya?

    ReplyDelete
  12. klw yg keluar tulisan ini gmna solusinya..
    appSD tidak mendukung oleh ponsel.karena ponselmu mempunyai penyimpanan luar utama yang melebiihi penyimpanan luar utama yang melebihi penyimpanan internal.kamu bisa me-link aplikasi untuk memindahkan keSD card

    ReplyDelete
  13. Gan saya pake memory 14GB
    sukses semuanya
    cuma yg terbaca partisi yg pertama.
    Partisi kedua dan ketiga tidak terbaca.
    kenapa ya??

    ReplyDelete
  14. Tapi klo di buka di minitool terbaca semuanya

    ReplyDelete
  15. Gan kalo di partisi ada efek sampingnya ga?

    ReplyDelete
  16. apa micro sd/ external sd harus dformat dlu? scara kan sd udah ada file"nya.. dan ngaruh ke rom HH gak?

    ReplyDelete
  17. Mas untuk lihat isi dari partisi kedua gmn caranya yah?soalnya cuma terlihat sdcard sama extsdcard partisi1 saja.

    ReplyDelete
  18. Mantap.. makasih gan.. ajib Tutornya

    ReplyDelete
  19. permisi gan mimin.....
    recovery itu apa ya gan ?
    itu di bagian terkhir step 7 maksudnya matikan semuanya itu gimana ya gan ?
    tolong gan mimin minta pencerahan masih bingung nih
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  20. nanya sedikit gan, smua tutorial sudah ane jalankan gan,tp tetap saja memory tidak terpartisi,padahal ada tulisan " all opertaion succes " dan kapasitas memory jg sudah berkurang. Saat ane masukin ke HH dan jalankan link2sd,dan berniat " Create link " malah keluar tulisan : /data/sdext2 tidak ditemukan " apa yang salah kira2 gan??

    ReplyDelete
  21. aku pake xperia J, proses ini kok g ada ya?

    Untuk semua : Matikan perangkat, masuk ke menu CWM dan ikuti langkah - langkah dibawah
    Wipe Cache Partition -> Yes
    Mounts and Storage menu -> format /sd-ext -> Yes (pada beberapa perangkat menu ini mungkin saja tidak ada pada CWM, maka abaikan saja). Lalu reboot system

    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  22. min, semuanya sesuai dengan cara diatas ,pas dipasang ke Hp kok memorynya gak kebaca?

    ReplyDelete
  23. Kalo mau nge unpartisi itu gimana gan ?

    ReplyDelete