Apa Itu FUP Pada Paket Internet?

Apa Itu FUP Pada Paket Internet? - Dari tahun ke tahun, pengguna internet di dunia semakin menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan. Mudahnya mendapatkan gadget sebagai sarana untuk mengakses internet menjadi salah satu pemicu cepatnya pertumbuhan dari pengguna internet. Berbagai provider seluler khususnya di Indonesia, juta melihat perkembangan itu sebagai peluang yang tak bisa di sia-siakan. Mereka dengan agresif menyediakan berbagai pilihan paket internet yang tentu saja beragam untuk menyesuaikan kebutuhan para penggunanya yang juga sangat bervariasi.

Paket berbasis kuota memang masih menjadi pilihan yang banyak ditemukan, namun sebagian konsumen lebih memilih untuk menggunakan paket internet unlimited atau tidak terbatas karena khawatir jika pemakaian data yang mereka lakukan ternyata melebihi batas. Ya, beberapa provider GSM memang menawarkan paket data Unlimited, namun biasanya mereka akan tetap memberikan semacam batasan tertentu yang biasa disebut dengan FUP.

Apa itu FUP? Ya, mungkin sebagian pemirsa pembaca Zona Android masih asing dengan istilah tersebut. Maka pada posting kali ini admin memutuskan untuk memberikan penjelasan singkat mengenai arti dari istilah tersebut. FUP adalah singkatan untuk "Fair Usage Policy" yang jika dilihat dari artinya kurang lebih adalah batas pemakaian wajar. Apa maksud dari batas pemakaian wajar ini? Coba perhatikan salah satu contoh keterangan paket internet dibawah ini:
Paket internet bulanan Unlimited (FUP 2GB)
Pada keterangan FUP diatas terdapat sejumlah besaran bandwidth data yang dicantumkan (2GB). Itu artinya batas pemakaian wajar pada paket tersebut adalah 2GB. Dalam batas pemakaian wajar tersebut, kita sebagai pengguna akan dapat menikmati internet dengan kecepatan penuh. Nah jika pengguna telah melewati batas yang ditentukan tersebut, kita tetap dapat mengakses internet namun dengan kecepatan yang diturunkan. Seberapa besar penurunan kecepatan atau kecepatan yang dapat dinikmati pengguna setelah melewati FUP tersebut bisa berbeda-beda, tergantung dari kebijakan dari masing-masing operator.

Jadi jangan heran jika telah melewati batas FUP akses internet anda menjadi mendadak lemot. Sekarang pemirsa sudah mengerti bukan soal gambaran dari FUP pada paket internet? Di satu sisi, paket ini memang menawarkan penghematan karena kita dapat menikmati akses internet tanpa harus pusing memikirkan sisa kuota data. Namun disisi lain, kesabaran kita akan sangat diuji jika ternyata kita sudah menghabiskan jatah FUP yang diberikan oleh sang operator. Nah, admin rasa cukup sekian untuk tulisan kali ini. Silahkan jelajahi inizonaandroid.blogspot.com untuk mendapatkan update info menarik lainnya. Semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment